Saturday, January 16, 2010

Perlukah Kita Meniru Kesuksesan Strategi Promosi Djarum Black?

Kita semua tahu bagaimana cara perusahaan dalam mengkomunikasikan promosi produknya, atau yang biasa disebut dengan Promotion Mix. Strategi Promotion Mix ini juga dilakukan oleh PT Djarum selaku pemegang Produk Djarum Black dalam mempromosikan produknya kepada konsumennya. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang promosi Djarum Black, kita harus mengetahui dahulu tentang Arti Promosi.


Apa itu Promosi
Promosi adalah suatu usaha untuk meningkatkan penjualan dengan memberikan informasi mengenai produk yang tersedia dan berkomunikasi dengan pelanggan agar dapat
menyampaikan pesan produsen tentang produk yang ditawarkan guna meningkatkan
penjualan pada setiap perusahaan. Karena Promosi digunakan pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga konsumen tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.
Aspek “promosi” berhubungan dengan proses promosi, publikasi dan penjualan, branding dan berbagai metode penjualan produk / merek. Dalam memasarkan dan mempromosikan suatu produk, perusahaan ataupun penjual harus dapat membuat yang namanya Promotion Mix, yaitu kombinasi cara-cara yang ditempuh dalam mempromosikan produknya.

Dalam hal ini saya ingin menjabarkan keberhasilan PT Djarum dalam mempromosikan produk Djarum Black dengan berbagai macam cara promosi (Promotion Mix), yaitu :

Sales Promotion
Promosi penjualan adalah cara promosi dengan menawarkan langsung pada konsumen untuk membeli suatu produk. Promosi bisa juga didefinisikan sebagai suatu peningkatan rasio nilai-harga yang bertujuan mendongkrak penjualan. Aspek kunci promosi ialah menggerakkan produk saat ini juga, tidak menunggu besok. Singkatnya, kebanyakan promosi penjualan bertujuan merubah perilaku pembelian jangka pendek.

Dalam Metode Sales Promotion, Djarum Black menggunakan beberapa strategi dalam sales promotion antara lain :
1. Sales Promotion Girl (SPG)
Hampir disetiap event dan kegiatan promosi penjualan yang dilakukan oleh Djarum Black, Sales Promotion Girl (SPG) yang menawarkan produk rokok ini benar-benar seksi, cantik dan menggoda. Jujur saja saya sebagai perokok aktif dan juga mengkonsumsi Djarum Black merasa tertantang untuk sekedar membeli rokok dan menggoda SPG Djarum Black. Dari beberapa teman saya yang cantik dan seksi yang berprofesi sebagai SPG rokok, mereka sangat tertarik menjadi SPG produk rokok ini. Menurut mereka karena setiap event yang diadain Djarum Black selalu kegiatan yang bernuansa lifestyle anak muda dan rokoknya pun banyak digemari anak muda. Sehingga mereka merasa senang menjual produk rokok ini dan sekaligus ikut nimbrung dalam event-event gaul Djarum Black. Kalau menurut mereka sih : work hard, play hard.

2. Kegiatan stock produk dan Iklan di Market
 varian produk Djarum Black
Hampir disetiap warung, mini market, agen, supermarket, maupun perusahaan ritel hypermarket pun kita pasti menemukan produk Djarum Black. Inilah strategi promosi yang dilakukan oleh Djarum Black dengan merangkul beberapa usaha kecil hingga menengah melalui stock produk dan menumpang iklan di tempat usaha mereka. PT Djarum dalam hal ini bekerjasama dengan para pemilik usaha dengan menumpang beriklan di tempat usaha mereka yang berupa poster, banner, dan mengecat tempat usaha mereka dengan gambar produk Djarum Black, lalu PT Djarum menstok rokok Djarum Black dengan harga murah. Promosi ini banyak diminati oleh beberapa pemilik usaha dikarenakan setiap pemilik usaha yang berminat untuk tempat usahanya di desain Djarum Black, maka mereka akan mendapatkan uang dari PT Djarum.

Public Relation
Promosi dengan cara ini banyak dipakai oleh perusahaan dalam mengembangkan, memasarkan, dan memberikan citra/image dan kualitas yang baik bagi suatu produk. Biasanya strategi promosi ini digunakan seperti : publisitas produk, menggunakan public figure, ataupun public relation dengan media.

Publisitas mencakup berbagai bentuk komunikasi tanpa-bayar guna meningkatkan citra perusahaan, produk atau merek. Sebagai contoh, artikel liputan khusus Majalah Marketing yang membandingkan sejumlah merek produk rokok yang memberikan informasi produk yang berguna bagi konsumen. Begitu pula, liputan produk serta merek-merek baru, komparasi merek-merek di majalah bisnis, koran atau internet, atau talk-show di radio atau televisi memberikan informasi produk pada konsumen.

Strategi promosi Public Relation yang digunakan PT Djarum dalam memasarkan produk Djarum Black adalah dengan menggunakan komunitas-komunitas otomotif dan lifestyle, yaitu Black Car Community (BCC), Black Motor Community (BMC), Black Community, serta Komunitas Djarum Black lainnya yang bertujuan untuk memasarkan dan menjadi duta / icon dari Djarum Black; selain dengan Komunitas Black, PT Djarum juga sering memberikan publisitas dan public relation di berbagai media sehingga citra / image dan kualitas dari produk semakin dipertimbangkan oleh konsumen dalam jajaran produk sejenis yang dipromosikan oleh pesaingnya;

Dari Publisitas ini PT Djarum berharap bahwa media akan melaporkan event-event Djarum Black dan mungkin sekalian memuat gambar produk. Namun, perusahaan hanya punya kontrol yang lemah atas publisitas yang akan muncul.

Trade Fairs and Exhibition
Promosi ini sering dilakukan perusahaan dalam mendukung berbagai kegiatan lifestyle, inovatif dan kreatif bagi komunitas dan anak muda. Hampir setiap event yang diadakan oleh Djarum Black, pasti selalu ramai akan peserta kontestan maupun pengunjung yang ingin ikut terlibat disetiap kegiatan Djarum Black itu sendiri. Kegiatan-kegiatan Djarum Black pun dapat bersifat lokal (regional), nasional maupun internasional.

Kegiatan Djarum Black terbagi atas 3 kelompok:
1. Dalam Otomotif, event Djarum Black Motodify, Djarum Black Night Slalom, Autoblackthrough, dan Autoblackthrough goes to campus.
2. Dalam dunia teknologi dan inovatif, event Blackinnovationawards, Blackinnovationawards goes to campus.
3. Dalam dunia Lifestyle, event andalannya adalah Black In News, Djarum Black Slimznation, Djarum Black Menthol Power Beat dan Djarum Black Blog Competition.
Kegiatan-kegiatan di atas merupakan event-event andalan dari Djarum Black dalam merebut konsumennya yang merupakan perokok aktif dan perokok pasif dari para pesaing produknya.

salah satu event Djarum Black

Advertising
Iklan adalah penyajian informasi non-personal tentang produk, merek, perusahaan atau gerai yang didanai sponsor. Iklan bertujuan mempengaruhi citra, keyakinan, dan sikap konsumen terhadap produk dan merek, serta perilaku konsumen. Bahkan, iklan bisa dianggap manajemen citra, yakni menciptakan dan menancapkan citra serta makna-makna di benak konsumen. Iklan biasanya disampaikan lewat televisi, radio, media cetak, billboard, signboard, atau media lain seperti balon udara, T-shirt, internet dan lain-lain. Meski konsumen umumnya menerima eksposur ratusan iklan tiap harinya, namun mayoritas pesan ini kurang begitu diperhatikan dan dipahami. Maka, tantangan pemasar adalah bagaimana menata pesan-pesan iklan dan menyeleksi media sehingga mengekpos sebanyak mungkin konsumen, memancing perhatiannya dan mampu mendorong proses pemahaman dan perubahan sikap ke arah yang dikehendaki.

Strategi Promotion Mix ini merupakan metode yang paling banyak dan sering digunakan oleh PT Djarum dalam memasarkan produk Djarum Black, PT Djarum menggunakan iklan melalui media TV, Radio, Media Cetak, bahkan Media Internet (website, blog, kolom rubrik iklan). Dalam metode advertising ini dalam menentukan biaya iklan yang dikeluarkan ada yang bersifat mahal dan ada juga yang murah.

Sponsorship
Sponsorship mungkin bisa lebih efektif ketimbang iklan, lantaran konsumen tidak merasa perlu menyaring pesan. Strategi ini hampir sama dengan publisitas.

Sponsorship adalah cara promosi produk pada suatu perusahaan / organisasi dengan ikut serta dalam suatu event, karena cara ini sangat efektif dilakukan banyak perusahaan untuk menciptakan dan mengangkat image suatu produk di mata konsumen.

Dalam bauran promosi ini, Djarum Black telah banyak melakukan sponsorship (kerjasama dalam sponsor) dengan banyak kegiatan yang dilakukan baik dari segi kegiatan non profit sampai profit, dari kegiatan yang kecil sampai kegiatan besar, dan dari kegiatan daerah sampai kegiatan internasional.

Kegiatan sponsorship yang biasa dilakukan oleh Djarum Black adalah kegiatan yang bersifat entertainment, lifestyle dan komunitas.

Corporate Social Responsibility
Anda bertanya kenapa CSR menjadi strategi promosi juga, karena menurut saya Program CSR juga menjadi salah satu media bagi perusahaan dalam memposisikan dirinya agar dengan mudah diterima di masyarakat secara luas. Dengan melakukan Program CSR maka citra yang negatif bagi produk rokok akan hilang dan akan tergantikan dengan citra yang positif. Bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR bisa direalisasikan melalui pemberian beasiswa kepada wartawan, mahasiswa dan anak-anak sekolah yang berprestasi, proyek bantuan lingkungan dan kegiatan lainnya di bawah nama perusahaan atau nama produk industri rokok tersebut. Saat ini PT. Djarum sukses menyalurkan beasiswa Djarum melalui program Bakti Pendidikan. Para penerima beasiswa Djarum ini selanjutnya disebut Beswan Djarum.

 Beswan Djarum adalah salah satu Program CSR Djarum

Kita semua tahu bahwa tujuan dari promosi adalah menumbuhkan ransangan (stimuli) dan image pada orang terhadap produk yang bersangkutan.

Hampir semua produk dan merek sukses perlu komunikasi pemasaran (marketing communication) guna menciptakan keunggulan differensiasi yang kebal atas para competitor (pesaing)-nya.

Bagi pemasar modern, instrumen utama komunikasi pemasaran mestinya tidak terbatas pada iklan, promosi penjualan, dan publisitas (Marketing-PR) saja, namun juga termasuk sponsorship, komunikasi dalam-toko, pemasaran langsung, dan trade shows serta pameran niaga.

Mungkin Strategi Promosi Djarum Black hampir sama dengan promosi produk rokok lainnya, tetapi yang perlu diingat dan perlu cermati oleh kita, bahwa pembeda dan kesuksesan dari strategi promosi Djarum Black adalah mereka telah sukses merangkul komunitas dan perokok pasif dalam mempromosikan citra Djarum Black di tengah masyarakat dengan berbagai kegiatan dan komunitas Djarum Black. Hal ini terbukti dengan berbagai penghargaan yang diterima Djarum Black dalam mempromosikan rokok yang berasal dari perusahaan atau organisasi survey terkemuka yang berbasis bisnis dalam dan luar negeri.

Setelah kita memahami strategi promosi Djarum Black, pertanyaan bagi kita adalah “apakah perlu kita meniru keberhasilan strategi promosi Djarum Black?” 

17 comments:

dogancengkir said...

Promosi sangat berperan apakah produk - produk yang di tawarkan akan dibeli atau tidak dengan konsumen sebab perusahan tidak akan mampu menjual produknya kepasar tanpa di dudukung dengan fungsi promosi yang baik meskipun pelaksanaan bisnis lainya telah berjalan dengan secara efektif

Subhan Apriyatna said...

setuju bro...tapi kalau djarum black sangat beda dalam promosi yang digunakan, inilah yang menjadi kunci sukses promosi djarum Black diterima oleh masyarakat.

ems said...

waw..artikel yang komplit.. perfect..

St4rgaze said...

spg-nya bro gk nahan...:P

dan black sangat ngedukung event2 lokal..bbrp tmn gw yg pny EO ampir semua eventnya d sponsorin black..secara target pasar black lebih ke anak muda..mungkin gara2 itu mereka aktif bgt muncul d tengah2 event anak muda :)

Summer Lock said...

hmm...
masalh promosi aku kurang tau juga hehe.
tapi sukses ya buat kamu..

tovazone said...

emang perlu juga bro, untuk mengenalkan produk dengan cara promosi, seperti salah satunya dengan blogwalking tuk ngenalin blog qta.

btw... sukses aja kontesnya, jgn lupa kalo dapat hadiah bagi2 ya hehehe...

Subhan Apriyatna said...

makasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya...

Aji Widi Kuncoro said...

keren nih blog....artikel keren2 semua...

Albert_Febrian said...

saya setuju kalo Strategi Komunikasi pemasaran Djarum Bagus, tapi untuk Program CSR belum terlalu keliatan, karena masih Jauh dari 90% denga CSR Unilever Peduli dan Sampoerna selaku competitor Djarum....Masih Perlu Penekanan PAda CSR Konsep walaupun yang Beasiswa Djarum banyak manfaat broo
tapi by the Way Blog nya Ok...Keep it that Broo

Anonymous said...

Konsep New Wave Marketing benar-benar telah dijalankan oleh Djarum Black dimana dari pemasaran vertikal menjadi horizontal, yaitu dengan menggunakan konsep komunitas.

Konsep komunitas memang merupakan konsep yang sedang gencar dijalankan oleh pelaku industri terutama pelaku industri rokok karena kurang efektifnya pemasaran vertikal, mereka cenderung menggunakan pemasaran horizontal.

Andik purnomo said...

keren abizz brooww

Anonymous said...

Good,copy paste tidak ada salahnya dan saya akan coba terapkan di produk yg sejenis dan berbeda merk..
Salam sahabat.SKY...

mm mandiri said...

Bagi yang berminat menjadi distributor rokok baru dg harga murah , silahkan call . 08126000512

mm mandiri said...

Bagi yang berminat menjadi distributor rokok baru dg harga murah , silahkan call . 08126000512

Unknown said...

gimana untuk trick peningkatan penjualan pada tingkat wholeselernya ya?

Kantong Kertas said...

Ikut ngopi ya untuk bahan makalah, mksh

Arthur Teknik said...

Infonya bermanfaat banget, makasih ya.
Oh ya, sekedar informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Sewa Genset Syncronize Jakarta untuk keperluan event atau lainnya bisa coba menghubungi kami dari Arthur Teknik.

Terima kasih ya min.
Salam blogger.

Post a Comment

Djarum Black Blog Competition Vol.2