Tuesday, January 05, 2010

Strategi Kreatif dalam Membangun suatu Komunitas

Saya yakin kita semua pasti mempunyai dan pernah terlibat dalam sebuah komunitas. Komunitas itu ada karena komunitas berasal dari sekumpulan orang yang merasa adanya kesamaan dan identitas kegiatan, hobi, visi, dan kepentingan yang sama.
Kesempatan inilah yang di ambil oleh Perusahaan Pabrik rokok terbesar seperti Djarum, dengan membuat Komunitas Lifestyle di kalangan kawula muda Indonesia. Karena jenis Produk Rokok yang di jual oleh PT Djarum sangatlah banyak maka kesempatan ini tidak di sia-siakan oleh para pucuk pimpinan di pabrikan rokok ini. Maka Djarum Black-lah di jadikan sebagai Icon untuk menjaring komunitas Lifestyle di kota-kota besar di Indonesia.
Tetapi, kalau ditanya bagaimana sih caranya membuat strategi kreatif membangun suatu komunitas. strategi yang kreatif sangatlah penting bagi kelangsungan hidup dan keutuhan dari suatu komunitas. menurut saya strategi yang kreatif untuk membangun suatu komunitas adalah :

1. Membuat Nama Komunitas yang Mencerminkan Identitas Komunitas Kita
Tentukanlah dan buatlah nama komunitas kita yang mudah diingat, mudah disingkat dan menarik. Karena nama sebuah komunitas akan mencerminkan identitas pengemar dan anggota dari komunitas itu sendiri. Misalnya kita ingin membuat komunitas mobil ataupun motor yang berwarna hitam dan di tempeli sticker Djarum Black maka komunitas ini layak kalau kita namakan dengan Black Car Community ataupun Black Motor Community. Dari kedua nama komunitas tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa Keduanya adalah sebuah komunitas otomotif yang berwarna hitam dan disponsori oleh perusahaan pabrikan produk rokok Djarum Black. Menurut saya nama sebuah Komunitas sangatlah penting untuk mengingat dan mengenalkan sebuah Komunitas agar dikenal oleh khalayak ramai ataupun mencirikan kekhasan dari komunitas tersebut.

2. Membuat Perbedaan pada Komunitas Kita
Maksudnya, dengan adanya perbedaan yang mencolok dan menarik dari sebuah komunitas maka memungkinkan banyak khalayak yang ingin bergabung menjadi bagian dari komunitas kita. Dengan memiliki Perbedaan, memungkinkan komunitas kita memiliki ciri khas dan identitas yang berbeda dari komunitas yang sama dengan komunitas kita.
Contoh :
Komunitas penggemar motor segala merk berwarna hitam, kita ambil contoh adalah BMCI (Black Motor Community Indonesia). 
Perbedaan yang ditonjolkan dari komunitas ini adalah
• Memiliki banyak chapter (wilayah) penggemar komunitas yang tersebar di seluruh Indonesia.
• Memiliki banyak event chapter (wilayah) dan event pusat.
• Memiliki situs, mailing list dan forum diskusi internet yang terkait dengan komunitas ini.
• Anggota komunitas ini diberikan pelatihan tata cara berkendara yang baik dan nyaman (safety ridding) dari SRO (safety ridding officer) komunitas ini. Sehingga komunitas ini memiliki nilai lebih dari komunitas sejenisnya.
• Disetiap motor anggotanya diwajibkan memasang sticker Djarum Black, sebagai media iklan perusahaan penyokong dana aktivitasnya.

3. Membuat Situs Komunitas (website)
Situs (website) ini sangat diperlukan dan dibutuhkan untuk memberikan citra/image positif terhadap komunitas yang kita bangun. Karena dengan website komunitas yang kita miliki kita dapat memberikan citra/image yang positif kepada khalayak ramai, anggota komunitas kita, dan komunitas yang sama dengan memberikan informasi, berita, dan hal-hal yang berhubungan dengan komunitas kita. Sehingga komunitas kita tidak dipandang sebelah mata oleh pihak eksternal komunitas. Situs (website) digunakan oleh komunitas sebagai:
• Sarana promosi komunitas
• Sarana informasi event dan berita komunitas
• Sarana publikasi event yang diadakan komunitas kita
• Sarana diskusi komunitas
• Sarana memberikan informasi tentang artikel yang berhubungan dengan kesamaan dan identitas komunitas kita (tips, berita, informasi)

4. Membuat Mailing List dan Forum Diskusi Komunitas
Mailing list adalah Layanan pesan para anggota suatu komunitas tertentu yang mendaftar kelompoknya di salah satu provider jasa email, dimana setiap anggotanya mengirim pesan maka akan terkirim ke seluruh anggota lainnya.

Strategi ini telah dibuktikan kesuksesannya oleh beberapa komunitas di Indonesia. Dalam hal ini, saya akan mencontohkan kedua komunitas motor terbesar yang ada di Indonesia yaitu Thunder 125 Community Indonesia (TCI) dan Honda Tiger Mailing List (HTML), bayangkan saja hanya dalam kurun waktu 4 tahun kedua anggota penggemar komunitas ini telah mencapai ribuan anggota penggemarnya.

Selain mailing list, suatu komunitas juga diharapkan memiliki Forum diskusi yang berisi tentang forum jual beli, forum kopdar, forum Tanya jawab, dan forum yang mendukung untuk kemajuan komunitas kita.

5. Gabung di Situs Pertemanan
Buatlah sebuah account tentang komunitas kita di situs pertemanan seperti : friendster, facebook, myspace, hi5, dan situs pertemanan/sosial lainnya. Dengan kita membuat sebuah account di situs pertemanan, memungkinkan anggota komunitas kita merasa memiliki komunitasnya dan memberikan rasa keakraban dan kesolidan dari komunitas.

Keuntungan dari komunitas kita gabung di situs pertemanan adalah mempermudah hubungan (relationship) komunitas kita dengan komunitas lainnya yang sama maupun berbeda; sebagai sarana pendukung informasi komunitas terhadap anggota dan komunitas lainnya.

Kita dapat gabung di situs pertemanan dengan berbagai cara, yaitu dengan membuat account group ataupun account personal di situs pertemanan dan dengan membuat aplikasi yang telah disediakan oleh masing-masing situs pertemanan.

6. Membuat Agenda Kumpul Rutin Komunitas (kopdar)
Agar komunitas kita solid dan tercipta keakraban antar anggotanya, maka perlu adanya suatu kumpul rutin komunitas. Kumpul rutin ini dapat dilakukan tergantung ketetapan dari anggota komunitas itu sendiri. Bisa dilakukan setiap 1 minggu sekali, 2 minggu sekali, 1 bulan sekali ataupun 1 minggu 2 kali. Semakin sering diadakan kumpul rutin, semakin solid dan akrab antar anggota. Diharapkan dalam mengagendakan kumpul rutin komunitas (kopdar), kita dapat mengagendakan kopdar kita dengan memberikan dan menyajikan kumpul rutin kita menjadi lebih bermanfaat dan bernilai positif, yaitu dengan membuat forum diskusi kecil yang berhubungan isu-isu yang menarik dengan komunitas kita, memberikan informasi penting komunitas, bersilaturahmi dan berkunjung ke komunitas lain yang sejenis dan berbeda.

7. Membuat Acara yang berhubungan dengan Komunitas
Buatlah berbagai acara yang berhubungan dengan komunitas kita, seperti seminar, kompetisi, family gathering, perayaan ulang tahun komunitas, dan kegiatan hiburan.

Dengan banyaknya agenda kegiatan suatu komunitas, maka semakin tinggi pula tingkat popularitas yang dimiliki oleh komunitas dan semakin solid dan akrab keberadaan komunitas tersebut.

Dalam mencari dana kegiatan gunakan dana dari sponsorship, anggota, dan peserta dalam menjalankan berbagai acara, karena biasanya komunitas bersifat non-profit.

Namun berbanggalah jika kalian gabung di komunitas yang disponsori oleh perusahaan, sebagai contoh adalah Djarum Black yang memiliki beberapa komunitas yang dinaungi dan disponsorinya. Karena komunitas ini setiap ada event pastilah sangat menguntungkan bagi para anggota komunitasnya.

8. Membuat acara yang bersifat sosial dan mendukung program pemerintah

Buatlah acara yang bersifat sosial, seperti kegiatan bakti sosial, penggalangan bantuan dana, dan membersihkan daerah sekitar tempat kumpul komunitas kita.
Acara yang bersifat mendukung program kebijakan pemerintah, kita andaikan komunitas kita adalah komunitas motor. Kegiatan yang mendukung program kebijakan pemerintah adalah kampanye safety riding (berkendara yang baik dan nyaman), kampanye mengurangi gas emisi, kampanye penghijauan (menanam pohon), kampanye menyalakan lampu depan pada siang hari, dan kampanye menggunakan helm standar.

Dengan keikutsertaan komunitas kita dalam acara yang bersifat sosial dan mendukung kebijakan pemerintah, berarti komunitas kita memberikan nilai dan citra positif terhadap masyarakat dan bagi komunitas sejenis.

9. Dokumentasikan dan Publikasikan setiap kegiatan Komunitas
Strategi ini merupakan strategi lanjutan/tindak lanjut dari strategi dalam membuat acara yang dibuat komunitas. Dalam strategi ini kita dituntut untuk mendokumentasikan dan mempublikasikan suatu kegiatan komunitas mulai dari tahap persiapan dan pengenalan suatu acara, tahap pelaksanaan suatu acara hingga tahap selesai acara. Kegiatan yang harus dilakukan dalam strategi ini adalah memberikan informasi kepada anggota dan pihak eksternal komunitas dengan cara mendokumentasikan acara (foto,video) dan memberikan publikasi kepada anggota dan pihak ekternal komunitas yang dapat diberikan berupa berita yang dipublikasikan melalui media elektronik, media cetak, dan media internet.
Keuntungan yang didapat dari strategi ini adalah Pertama, dengan kita mendokumentasikan dan mempublikasikan suatu acara komunitas kita, maka kita dapat memberikan citra/image kepada masyarakat dan pemerintah tentang apa yang dihasilkan dari suatu acara tersebut.
Kedua, dengan memberikan strategi ini kepada anggota komunitas dapat membuat anggota komunitas kita merasa bangga atas keberadaan mereka di komunitasnya.

10. Mencari Komunitas yang sama dengan Komunitas Kita
Bagaimana caranya kita dapat mengetahui komunitas yang sama dengan komunitas kita? Ini merupakan pertanyaan yang harus dicermati oleh setiap komunitas. Pertama, kita dapat mencari di search engine (mesin pencari) yahoo ataupun google. Kedua, dengan mengikuti dan keterlibatan komunitas kita dalam kompetisi yang berhubungan dengan komunitas. Ketiga, sering berkunjung dan bersilaturahmi dengan komunitas yang sama.

Dengan mencari komunitas yang sama dengan kita, berarti kita dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan komunitas kita. Sehingga kita dapat memperbaiki dan mempertahankan ciri khas dari identitas komunitas kita.

11. Adakan kumpul bareng dengan Komunitas yang sama
Strategi ini merupakan strategi dalam mengembangkan hubungan antara komunitas, dengan strategi ini memungkinkan adanya keakraban dan meninggalkan rasa persaingan antara komunitas yang sama.
Contoh:
• Komunitas penggemar motor Suzuki Thunder 125 antara Thunder Community Indonesia (TCI) dengan Komunitas Suzuki Thunder 125 (KOSTER), karena kedua komunitas ini sering berkumpul bareng maka jika mereka bertemu di jalan raya mereka akan membunyikan klakson sebagai tanda persahabatan.
• Komunitas penggemar ikan hias antara komunitas A dan B, karena mereka sering berkumpul bareng dan bertukar pikiran tentang informasi ikan hias maka dalam berkompetisi mereka bersaing secara sehat setelah selesai berkompetisi mereka seperti sahabat lagi.

12. Membuat Merchandise Komunitas
Strategi ini merupakan strategi dalam mempromosikan komunitas kepada pihak ekternal komunitas atas keberadaan komunitas kita. Bentuk dalam strategi ini dapat berupa stiker, pin, kaos, topi, jaket, dan merchandise lainnya yang dapat diberikan sebagai ajang promosi komunitas kita.

Menurut saya, kalau Anda mau mengikuti 12 langkah yang saya berikan. Saya yakin Kemungkinan besar komunitas yang Anda bina akan terkenal dan banyak para anggotanya.

Hal ini sudah terbukti oleh beberapa komunitas besar yang ada di Indonesia, yang awalnya komunitas mereka hanya memiliki belasan orang namun dalam beberapa tahun komunitas tersebut sekarang ini telah menjadi besar dan tersebar chapter komunitasnya.

Ayo siapa lagi kalau bukan kita yang mengubah laju perubahan komunitas kita, jadikan potensi yang ada di diri kita untuk perubahan kelompok / komunitas kita. Ingatlah kawan perubahan ada di tangan-tangan anda yang berjiwa kreatif.

1 comments:

Adryan said...

mas saya dan teman" saya di kabupaten dompu NTB, ingin membanggun sebuah comunity black, mohom bimbingan nya.....

Post a Comment