Tuesday, January 12, 2010

Tak Selamanya Citra Hitam itu Buruk

Sambil merokok Djarum Black dan ditemani segelas kopi hitam, saya melihat ke langit dan ternyata saya melihat warna pelangi yang begitu Indahnya. Saya lihat satu persatu, ternyata warna tersebut adalah Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, dan Ungu
Mencari Ide dan merokok Djarum Black merupakan kebiasaan saya setelah hujan reda, ternyata saya berpikir untuk menulis artikel tentang Djarum Black. Saya terinspirasi kenapa tidak membuat artikel yang menceritakan kebaikan dan hal positif warna hitam ya?. Wah ternyata di dunia ini kita mengenal berbagai warna ada ungu, kuning, hijau, coklat, biru, merah, Putih, Hitam, abu-abu dan warna-warna lainnya, Sehingga kita semua merasa bahwa di Dunia ini penuh dengan warna. Warna dapat melambangkan dan mengandung arti yang bermacam-macam juga.
Warna biru, bagi yang suka warna biru, warna ini melambangkan unsur-unsur yang ada di langit dan air. Sehingga warna ini melambangkan sebagai kehidupan dunia yang berkaitan dengan air dan udara.
Warna hijau, banyak orang-orang berpendapat bahwa warna ini melambangkan kerindangan pepohonan dan keasrian. Sehingga banyak orang yang berpendapat bahwa warna hijau mempunyai makna yang positif dan arti yang bermanfaat untuk lingkungan.
Warna Merah, seingat saya waktu diajarkan dahulu di TK, warna ini melambangkan api yang berarti keberanian, semangat yang menggebu dan berkobar-kobar. Sehingga warna merah banyak yang berpendapat dan terkesan warna yang bagus dan baik menurut filosofinya.
Warna Putih, kalau menurut saya warna ini lebih melambangkan kesucian, ketulusan hati dan kerendahan seseorang terhadap sang pencipta. Putih mempunyai makna yang bagus dan baik dan berkaitan dengan nurani. Warna ini selalu di citrakan dengan hal-hal yang baik.
Warna merah muda (pink), warna ini lebih melambangkan dan mencirikan wanita. Tidak tahu kenapa, hampir setiap wanita yang saya tanyai warna kesukaannya mereka menjawab pink (merah muda) sebagai warna kesukaannya, menurut mereka warna ini lebih girly dan feminim aja.
Tetapi lain halnya dengan warna yang satu ini, yaitu : Warna Hitam. Tidak tahu mengapa warna ini selalu dikaitkan dan dilambangkan dengan kesuraman, kemistikan, misteri, kejahatan dan kebodohan. Padahal banyak juga arti warna hitam yang mencerminkan hal yang positif. Hitam pasti selalu disandingkan dengan putih. Kedua warna ini dalam kehidupan pastilah selalu mengandung pro dan kontra. Kita semua mengetahui bahwa biasanya warna putih di dalam kehidupan bermakna kesucian, ketulusan hati, kerendahan hati dan kebersihan, sedangkan hitam mengandung makna kejahatan, kebodohan, kekotoran dan kemistikan. Realita inilah yang sudah lama sering dilontarkan oleh orang-orang terdahulu kepada generasi sesudahnya.

Tetapi dalam artikel ini saya akan menjabarkan Black In News tentang arti warna hitam yang positif dan mungkin belum Anda tahu:
1. Black Currant
Blackcurrant (Ribes nigrum) adalah tanaman semak yang berasal dari kawasan Eropa bagian tengah dan utara, serta dapat dijumpai pula di Asia bagian utara. Buahnya memiliki kadar vitamin C yang luar biasa tinggi (302% nilai asupan harian per 100 gram). Selain itu, blackcurrant juga banyak mengandung vitamin lain, seperti vitamin B1, B2, B3, B5, dan vitamin B6, serta mineral kalsium, besi, magnesium, fosfor, dan seng.
2. Black Box (kotak hitam)
Anda pasti sering mendengar, melihat, dan membaca jikalau ada berita tentang kecelakaan maskapai penerbangan, biasanya para penegak hukum dan pencari fakta penyebab kecelakaan tersebut akan mencari tahu dimana keberadaan sebuah kotak yang sangat berharga bagi penyelidikan, yaitu Black Box (Kotak Hitam). Karena Kita semua tahu bahwa Kotak Hitam itu sendiri yang menurut para pakar merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam penyelidikan, karena di kotak hitam ini memiliki rekaman percakapan pilot dengan para petugas terkait dalam penerbangan, dari sebuah peralatan pesawat terbang inilah sebuah penyelidikan kecelakaan penerbangan itu bisa diketahui penyebabnya. Setelah Kotak Hitam ditemukan Kotak hitam ini akan membantu para penyidik untuk mengetahui kejadian-kejadian sebelum kecelakaan – berupa percakapan awak pesawat di dalam ruang kabin yang akan mengungkapkan sebab-sebab sebuah kecelakaan sampai terjadi.
3. Black Rice (beras hitam)
Saya yakin Anda belum Pernah mendengar yang namanya Black Rice (beras hitam) dan saya pun yakin, Anda mengetawakan saya karena saya pasti mengada-ada karena ingin mencari sensasi saja dalam membuat artikel Djarum Black. Mungkin sekarang saya akan menertawakan Anda yang tidak mengetahui dan katro karena Anda kurang pergaulan dan informasi tentang bahwa di Negara kita ini mengenal ada 3 jenis beras, yaitu : beras putih, beras merah dan beras hitam. Saya yakin anda pun penasaran dengan jenis beras hitam yang saya sebutkan. Beras Hitam hanya tumbuh dan dibudidayakan di daerah tertentu saja. Beras hitam ini ada di daerah Solo, Subang, Bantul dan Sleman.
4. Black List (daftar hitam)
Black List (daftar hitam) adalah daftar nama orang yang paling dicari dalam sebuah tindak kejahatan atau biasanya disebut dengan DPO (daftar pencarian orang). Daftar ini sangatlah berguna bagi petugas terkait dalam mencari orang-orang yang sedang dalam pencarian tindak kejahatan.
5. Black Tea (Teh Hitam)
Teh Hitam merupakan jenis teh yang terlebih dahulu diterima secara meluas diseluruh dunia karena rasanya yang cenderung lembut. Blend yang banyak di pasar adalah jenis: Assam, Ceylon, Darjeeling, Earl Grey, English Breakfast, Keemun, Lapsang Souchong, Orange Pekoe, Russian Caravan, dan Yunnan.
6. Black Horse (kuda hitam)
Kita semua pasti jarang mendengar apa itu namanya Black Horse (kuda hitam), kata kiasan ini biasanya sering di pakai dalam dunia politik dan bisnis. biasanya seseorang yang di panggil dengan Black Horse (kuda hitam) mereka selalu menjadi perhatian utama dan segala sepak terjangnya selalu diperhitungkan. Keberadaan seorang kuda hitam akan selalu ditempatkan di peringkat teratas dan skala tinggi bagi pesaing utama. Sampai ada ungkapan, hati-hati dengan langkah si kuda hitam, karena penuh misteri dan sulit ditebak.
7. Black Hole (lubang hitam)
Black Hole (lubang hitam) adalah sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar.

Hal Positif yang harus kita ambil adalah kita semua jangan selalu pernah menganggap bahwa warna hitam itu selalu hal yang berbau mistis, kejahatan, kerusakan, kesuraman, ataupun hal-hal yang negatif. Ternyata bahwa di dunia ini masih ada kata kiasan dan sesuatu yang berwarna hitam yang memiliki citra positif dan menguntungkan bagi masyarakat.
Karena di dunia ini memiliki banyak warna dan perbedaan, maka kita semua harus menghiasi hidup kita dengan semua warna, jangan pernah membeda-bedakan warna dalam segala hal yang menghiasi dan mengisi hidup kita. Buatlah semua perbedaan warna itu menyenangkan, sehingga di dunia ini terlihat damai dan nyaman.

3 comments:

Pongky Toding said...

Blog yang bagus. Salam kenal !
Jangan lupa berkunjung ke : www.bimbinganmu.blogspot.com

HitamHolic site said...

makasih bro sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya...

Ihsan Satyanugraha said...

komplit isi tulisannya ! mantap gan !

Post a Comment

Djarum Black Blog Competition Vol.2