Tuesday, January 19, 2010

Tips Mencontek, Bukan untuk di tiru oleh Black Community

Black In News kali ini adalah Tips Mencontek, Bukan untuk di tiru oleh Black Community. Kenapa saya membuat judul artikel ini dan mempostingnya khusus Black Community. Jawabannya adalah saya menginginkan agar Warga Indonesia, Blogger Indonesia, dan Black Community jangan pernah meniru kelakuan buruk saya  sewaktu  sekolah dan kuliah dahulu. Sehingga pembaca blog  HITAMHOLIC SITE merasa penting dan butuh untuk membaca artikel saya ini, baik untuk ditiru maupun direnungkan.
Dalam artikel ini saya akan jabarkan / jelaskan secara tuntas tips mencontek dan di akhir artikel ini saya juga memberikan sebuah inspirasi yang positif untuk para Pembaca, Blogger dan Black Community
Mari kita mulai membaca, merenungkan dan menulis kelakuan bodoh saya dalam mencontek ini.  Tips ini saya beri judul Tips Mencontek yang baik dan terarah:
1. Siapkan semua bahan materi (catatan, kopian materi, contoh soal)
Tahapan pertama ini sangatlah penting, soalnya kalau kalian  tidak mempunyai semua bahan materi, percuma saja kalian mau mencontek. Yang ada malahan pas ujian kalian hanya menengok sana-sini dan pas pengawas dan pengajar melihat kalian hanya dikatain sama mereka “dasar otak dikit, Cuma mengharapkan teman doank” hehehe…  kalau saya mah di gituin malu dech.  intinya tahap ini tuh untuk melengkapi semua bahan materi yang ada sehingga langkah-langkah mencontek selanjutnya dapat berjalan dengan baik dan berkesinambungan.
2. Belajar sedikit materi yang diberikan oleh pengajar
Koq mau mencontek harus belajar sih? Iyalah, soalnya kalau kalian tidak ada sedikit materi yang nyangkut di otak kalian, kalian bakalan kecewa kalau nanti pertanyaan soal bakalan melenceng di kebetan (contekan) kalian… bener tidak? Kalau saya saranin mending kalian belajar kelompok sama anak yang pintar di kelas kalian….so what? Soalnya kalau kalian belajar sama orang yang pintar ada kemungkinan materi yang dipelajari dan diberikan bakalan ada yang nyangkut sedikit, kalian bisa berkonsultasi dengan mereka.  syukur-syukur kalau bisa sih cari temen yang pintar nan cantik dan ganteng, Loh koq milih-milih sih? Lah iyalah kalau cantik dan ganteng bisa kita manfaatkan jadi gebetan kita. Kapan lagi kita punya cewek/cowok pintar sob….hehehe…
3. Buatlah seefisien mungkin materi contekan yang sekiranya akan muncul
Nah, di tahap ini kalian musti dan kudu kerja extra dalam mensiasati membuat contekan pada saat ujian. Cara yang umum kalian bisa menulis di sebuah kertas, di meja ujian, dan dimana saja yang sekiranya aman bagi kalian semua. Kalau saya saranin, kalian buat senyaman mungkin agar contekan tidak ke-GAP (ketahuan) sama pengawas/pengajar kita. kan kalau ketahuan bisa DANGER…ihhh serem kan dan parahnya lagi berpengaruh sama penilaian prestasi dan etika dan moral kita juga kan….
“Maaf teknik dan alat menconteknya gak saya kasih tahu untuk Black Community dan Hitam Holic Community, soalnya takut para contekers (orang sering contek) ketahuan sama pembaca artikel ini yang menjadi pengawas”. Pokoknya kan kalian juga contekers pasti tahu bagaimana membuat contekan yang baik donk.. Ok? Ok?
4. Lihat situasi, kondisi, dan toleransi
Maksudnya apaan tuh?
Ketika anda masuk ruang ujian tersebut, lihatlah situasi dan kondisi ruangan apakah aman dan nyaman untuk mencontek. Koq perlu sih, kenapa? Sudah pastilah, jikalau yang jadi pengawas di ruangan ujian kita adalah orang yang sangat killer, rese, usil, dan pokoknya gak layak lah jadi pengawas.  kita harus kudu berhati-hati  aja, soalnya mereka lebih pintar dari kita dalam membuat kiat sukses menghadapi orang mencontek.  Intinya di tahap ini kita harus mainkan trik jitu dalam mengelabui pengawas ujian, kalau bisa kita sogok dech tuh pengawas…hehehe…
Oia, ada yang lupa tentang toleransi, maksudnya adalah kita sebagai makhluk sosial harus bekerjasama dengan temen di samping kita dalam masalah menjawab soal, siapa tahu di samping kita lebih khattam dalam materi yang diberikan atau gak kita yang lebih khattam. Pokoknya kita harus jadi makhluk sosial deh, tapi inget harus jaga situasi dan kondisi yeee….
5. Pemilihan tempat duduk ujian
Kenapa posisi tempat duduk ujian sangat berpengaruh terhadap mencontek?
Karena posisi tempat duduk merupakan menentukan prestasi kita dalam suatu ujian  mata pelajaran / mata kuliah. Karena dengan mendapatkan posisi yang PW (posisi wueenak) maka kita bakalan mendulang nilai yang bagus juga.
Jika di meja ujian tidak berdasarkan nomor ujian anda, usahakan anda memilih tempat yang nyaman dan aman untuk mencontek, tetapi kalau berdasarkan nomor ujian berarti itu tergantung keberuntungan anda aja dech.
6. Siapkan bahan contekan
Nah, di tahap ini kita musti kreatif dalam menyimpan contekan di tempat yang aman dan nyaman. Pokoknya saya percaya dech sama kalian semua, kan kalian semua sudah pada pakar dalam hal contek-mencontek.
7. Bacalah doa sebelum ujian berlangsung
Biasanya dalam tahap ini yang paling kurang disikapi oleh para contekers adalah mentang-mentang berbuat maksiat jadi lupa sama yang kasih kita ilham untuk mencontek. Kalau saya sih saranin, sebelum kita mencontek seandainya anda beragama Islam, kalau sudah masuk waktu sholat mending anda sholat dulu dech minta ketenangan bathin dari maha pemberi ilham, betul gak? Nah pas sebelum ujian berlangsung juga inget yang di atas yee, berdoa dahulu lah…
8. Usahakan jangan membuat curiga pengawas
Tahap ini kita harus jangan kasak kusuk, soalnya kalau kasak kusuk pengawas bakalan curiga abis sama kita dan bisa-bisa tuh pengawas bukannya mengawasi temen-temen anda ujian malahan mengawasi anda doank lagi. Hati-hati yaaaa, jaga kerahasiaan yaaa.
9. Teliti kembali tentang jawaban soal
Kenapa harus teliti? Soalnya kalau anda gak teliti dalam mencontek bisa-bisa jawaban yang anda buat salah semua dan nilainya kurang bagus dan percuma aja deh kiat sukses yang gue kasih bakalan gak berguna bagi loe. Biasanya para contekers, mentang-mentang ahli dalam mencontek dia sering lupa untuk mengoreksi jawabannya kembali. Alhasil biasanya jawabannya gak maksimal.
10. Siapkan tempat untuk menyembunyikan contekan, jika di curigai oleh pengawas
Nah di tahap ini, bisa di bilang tahap akhir atau tahap kalau hampir ke GAP pengawas. kita musti ada tempat tuk menaruh contekan kita jikalau ke GAP. Pokoknya bebas menyimpan dimana saja asalkan jangan ketahuan dan mencurigakan.
11. Simpan baik contekan
Sebelum lembar soal dan lembar jawaban dikumpulkan ke pengawas ujian, disarankan untuk periksa kembali jawaban soal yang telah kita contek dan simpan baik-baik contekan kita.
12. Bacalah doa setelah ujian selesai
Setelah semua tahap selesai, sekarang kita musti berdoa selesai ujian. Soalnya kita sudah di kasih ilham dan di mudahkan dalam mencontek.  Kalau bisa sujud syukur yeeee…

Nah, karena semua tahapan bodoh sudah saya kasih buat Black Community, sekarang tinggal Black Community renungkan. ”Apakah perlu dipraktekkan atau tidak?” akan tetapi perlu diingat kalau ketahuan jangan bilang sumbernya ya. bisa-bisa saya di tuntut telah mengajari dan memprovokatori Black Community berbuat maksiat dan merusak generasi muda lagi.

*Ingat Tips Mencontek ini Hanya boleh dibaca, tetapi tidak boleh ditiru.

Inspirasinya adalah janganlah kalian meniru perbuatan buruk saya ini, jika memang benar-benar terpaksa usahakan menjawab soal ujian yang diberikan sesuai dengan kemampuan yang kita ketahui saja ”jangan mencontek”. Jika nantinya nilai kita buruk, usahakan menjadi pengalaman bagi diri kita dan berusaha untuk merubahnya dengan meminta ujian kembali (HER) ataupun tugas mandiri yang dapat mendulang nilai kita. Hasil usaha kemampuan sendiri lebih mengasyikan, ketimbang mencontek. Kalau kata iklan : ”mau pintar, mangkanya belajar”. Benar gak Black Community dan HitamHolic Community. Demikian Black In News yang bisa saya berikan.

3 comments:

bule gila said...

brooo mantep juga tips klo dah gini ga usah nyontk dah apal heheh klo bener2 kepepet ajak ngliat kumis pengawas yg serem bngt buyar semuaa ingetan di kepala buyar semua dah smpe pikiran2 kotor juga buyar baru dah tips broo kepake kekeke

hosting murah indonesia indositehost.com said...

kunjungan sobat, infonya sangat menarik :D34

terimakasih atas informasi nya.. informasi ini membantu saya dalam mengerjakan tugas saya yang menjadi tanggung jawab saya.. sekali lagi aku ucapkan terima kasih..

jangan lupa berkunjung ke situs ku ya...

onur said...

kuşadası
milas
çeşme
bağcılar
kastamonu

0OU

Post a Comment

Djarum Black Blog Competition Vol.2