Friday, January 08, 2010

Strategi Djarum Black dalam Merangkul Perokok Pasif

Perokok Pasif adalah Masyarakat atau Individu yang tidak merokok, tetapi mereka menikmati asap yang dikeluarkan oleh perokok aktif (orang yang merokok). Inilah kerugian yang didapat oleh mereka perokok pasif, karena mereka selalu terkena imbas dari dampak negatif perokok aktif. Hampir setiap hari Industri Rokok di dunia ini memproduksi jutaan batang rokok yang akan mereka jual kepada perokok aktif.
Walaupun mereka (industri rokok) setiap harinya memproduksi jutaan batang rokok, tapi mereka pun peduli akan masyarakat dunia yang tidak merokok (perokok pasif). Hal ini dilakukan oleh setiap industri rokok dengan program CSR-nya (corporate social responsibility).
Hal ini juga dilakukan oleh PT Djarum, selaku Pemegang Produk bermerek Djarum Black. PT Djarum dalam melakukan CSR-nya terhadap Masyarakat dan Perokok Pasif adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan peduli sosial perusahaan yang berupa kegiatan positif yang mendukung program pemerintah maupun kegiatan positif yang mendukung perkembangan dalam memajukan citra kreatifitas di kalangan kawula muda dan komunitas lifestyle di Indonesia.
Dalam Hal mendukung kegiatan program pemerintah PT Djarum memiliki beberapa yayasan sosial di bawah naungan PT Djarum, seperti Yayasan Beswan Djarum. Yaitu Yayasan yang bergerak dibidang pendidikan yang setiap tahunnya memberikan Beasiswa kepada siswa-siswi maupun Mahasiswa-Mahasiswi yang berprestasi dan kurang mampu.
Selain mendukung kegiatan pemerintah, PT Djarum juga melakukan kegiatan positif lainnya yaitu membuat kegiatan-kegiatan positif di setiap produk yang mereka miliki. Karena PT Djarum memiliki banyak Produk, maka saya hanya mengkhususkan satu produk saja yaitu Produk Djarum Black.
Hampir setiap bulan kita pasti mendapatkan Informasi kegiatan yang diadakan oleh Djarum Black dari beberapa media iklan,media internet, media cetak, dan media elektronik. Informasinya dapat berupa iklan, poster, spanduk, ataupun word of mouth (dari mulut ke mulut).
Inilah strategi CSR dan Promosi yang dilakukan oleh Djarum Black, agar konsumen, perokok pasif, dan masyarakat merasakan hal positif yang diberikan oleh perusahaan raksasa terbesar kedua di Indonesia ini. Strategi PT Djarum dengan Produk Djarum Black adalah dengan mengumpulkan segala komunitas lifestyle di Indonesia dan individu-individu yang kreatif, inovatif dan inspiratif untuk memajukan perkembangan dunia lifestyle, teknologi, dan industri kreatif di Indonesia.
Saya yakin Anda sebagai pembaca pasti mengetahui apa , bagaimana, kapan, dimana, dan siapa saja yang mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Djarum Black itu sendiri. Tidak dipungkiri itu semua karena Djarum Black peduli terhadap perokok pasif dan masyarakat.
Anda pun dapat menilai dari setiap kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh Djarum Black, hampir setiap kegiatan Djarum Black terlihat bahwa kegiatan mereka adalah kegiatan yang tidak berbau ataupun mengajak masyarakat untuk merokok, malahan saya menilai kegiatan yang dilakukan Djarum Black lebih dari kegiatan untuk mengembangkan bakat-bakat muda Indonesia dalam memajukan industry kreatif yang sedang digalakan oleh pemerintah. Seperti kegiatan Black Inovation Awards, Autoblackthrough, Djarum Black Slimznation, dan Djarum Black Blog Competition volume 2 ini.
Selain itu, hal yang positif saya dapatkan dari beberapa komunitas-komunitas Black itu sendiri seperti Black Motor Community, Black Car Community, dan Black Community, mereka tidak mewajibkan anggota komunitasnya untuk merokok dan hanya saja mereka mewajibkan anggotanya untuk menempelkan Sticker Djarum Black sebagai Icon Komunitasnya.
Sepertinya dari beberapa pemikiran-pemikiran saya di atas tentang Djarum Black haruslah kita jadikan sebagai Brand Leader contoh CSR dan promosi suatu perusahaan rokok yang menghargai Perokok pasif dan masyarakat yang tidak menjadi konsumen dari produk mereka dalam memajukan industri kreatif Indonesia. Salute for Djarum..Salute for Djarum Black..

0 comments:

Post a Comment