Wednesday, February 10, 2010

Kontroversi Black Hat Hacker

Apa itu Black Hat Hacker?
Menurut Wikipedia.org Black hat hacker adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada para peretas yang menerobos keamanan sistem komputer tanpa izin, umumnya dengan maksud untuk mengakses komputer-komputer yang terkoneksi ke jaringan tersebut. Istilah hacker (yang baik) di Indonesia masih dirancukan dengan istilah cracker (yang jahat).
Kalau Black Community tahu, hacker adalah sebutan untuk orang atau sekelompok orang yang memberikan sumbangan bermanfaat untuk dunia jaringan dan sistem operasi, membuat program bantuan untuk dunia jaringan dan komputer. Sedangkan cracker adalah sebutan untuk orang yang mencari kelemahan system dan memasukinya untuk kepentingan pribadi dan mencari keuntungan dari system yang di masuki seperti: pencurian data, penghapusan, dan banyak yang lainnya. hacker juga bisa di kategorikan perkerjaan yang dilakukan untuk mencari kelemahan suatu system dan memberikan ide atau pendapat yang bisa memperbaiki kelemahan system yang di temukannya.
Hacker sebenarnya hanya untuk menyebut orang yang paham dan mengerti soal komputer, mulai software, hardware, arsitektur, hingga administrasinya. Tetapi, sekarang ini orang mengonotasikan hacker sebagai orang jahat yang membobol keamanan. Padahal, hacker hanya memperbaiki, mencari lubang keamanan, dan memberikan peringatan. Tidak hanya itu, semua kegiatan yang bernuansa hacking juga dianggap haram oleh pemerintah. Tanpa disadari, potensi hacker Indonesia ternyata luar biasa. Ini membuktikan bahwa keamanan web sudah menjadi bagian penting di dunia kita. Kalau kita mengetahui bahwa Dari sisi positif, hacker ketika menemukan lubang keamanan hanya memberikan peringatan kepada pemilik web untuk meningkatkan keamanan. Jika sampai merusak, maka sebutan dia adalah cracker. Memang akhirnya muncul black hat hacker yang sering membobol sistem keamanan untuk kepentingan pribadi dan juga grey hat hacker yang menyuplai (menjual) informasi keamanan kepada vendor dan juga cracker.
Karena Black Hat Hacker, Grey Hat Hacker dan White Hat Hacker, sangat menarik dan penting untuk di kaji dalam berbagi informasi dan pengetahuan di dalam dunia internet saat ini. Maka informasi dan pengetahuan ini saya jadikan sebagai Black In News sehingga khalayak dan para black community dapat mengerti dan mengetahui sisi baik dan buruk dari Hacker dan Cracker.

Kenapa hacker itu ada?
Istilah ini sendiri sudah mulai dipergunakan di tahun 1960-an, saat komputer masih dalam tahap perkembangan. Kata “hack” sendiri merupakan bahasa slang yang memiliki banyak arti pada saat itu. Hacker dapat merujuk kepada seseorang yang berhasil menemukan cara yang efektif dalam melakukan sesuatu, atau dapat juga berarti solusi dari sebuah masalah. hacker merupakan seseorang yang menerobos masuk ke dalam jaringan komputer, biasanya mereka dapat menerobos dengan memperoleh akses ke kontrol administratif. Banyak yang berpendapat bahwa hacker, dapat digambarkan sebagai orang yang mampu menerobos masuk ke dalam jaringan komputer dengan cara menerobos sistem keamanannya. Seorang hacker komputer adalah seseorang yang hidupnya hanya untuk komputer, seseorang yang mengetahui segala sesuatu mengenai komputer, seseorang yang dapat menggunakan komputer untuk melakukan apapun. Bagi mereka pemrograman komputer adalah sebuah hobi, sesuatu yang dilakukan untuk bersenang-senang, bukan karena merupakan suatu kewajiban atau hanya karena uang. Kita semua pun mengetahui bahwa saat ini banyak sekali komunitas dan forum diskusi internet yang di dalamnya merupakan ajang tempat diskusi dan berbagi para hacker dalam mencoba menerobos masuk jaringan komputer perusahaan ataupun situs internet yang sedang berkembang. komunitas hacker merupakan sekumpulan orang yang memiliki minat besar dalam pemrograman komputer, biasanya mereka sering menciptakan perangkat lunak open source. Mereka yang menjadi hacker sekarang ini telah mengacu pada cyber-kriminal hacker sebagai "cracker".

Apa saja yang dilakukan Hacker?
Dalam dunia Hacker, mereka mengenal beberapa istilah yang biasanya digunakan dalam aktivitas kesehariaannya, antara lain adalah : (menurut Wikipedia.org)
1. Hacktivist
Hacktivis adalah Hacker yang menggunakan teknologi untuk mengumumkan pandangan sosial, ideologi, agama, atau pesan politik. Dalam kasus yang lebih ekstrim, hacktivism digunakan sebagai alat untuk Cyberterrorism.
2. Meretas komputer
Meretas komputer merupakan Sebuah contoh umum dari eksploitasi keamanan adengan cara injeksi SQL,melalui lubang keamanan yang mungkin disebabkan dari praktek pemrograman bawah standar. Eksploitasi lain akan dapat digunakan melalui FTP, HTTP, PHP, SSH, Telnet dan beberapa halaman web.
3. Vulnerability scanner
Sebuah Vulnerability scanner adalah alat yang digunakan untuk dengan cepat mengecek komputer pada jaringan untuk diketahui kelemahan. Hacker juga biasanya menggunakan port scanner. Port Scanner ini adalah alat untuk melihat port pada komputer tertentu untuk mengakses komputer, dan kadang-kadang akan mendeteksi program nomor versinya. Firewall melindungi komputer dari penyusup dengan membatasi akses ke port
4. Password cracking
Password cracking adalah sebuah aplikasi yang menangkap paket data, yang dapat digunakan untuk mencuri password dan data lain dalam transit melalui beberapa jaringan.
5. Trojan horse
Trojan horse adalah program yang tampaknya akan melakukan satu hal, tetapi sebenarnya melakukan hal lain.Sebuah Trojan horse dapat digunakan untuk mendirikan sebuah pintu belakang dalam sebuah sistem komputer sedemikian rupa sehingga penyusup dapat memperoleh akses upa seckemudian. (Nama trojan horse merujuk pada kuda dari Perang Troya, dengan fungsi secara konseptual menipu para prajurit untuk membawa seorang penyusup masuk).
6. Virus
Virus adalah sebuah program replikasi diri yang menyebar dengan menyisipkan salinan dirinya ke dalam kode executable lain atau dokumen.Dengan demikian, virus komputer berperilaku mirip dengan virus biologis yang menyebar dengan memasukkan dirinya ke dalam sel-sel hidup.
7. Worm
Seperti virus, worm juga merupakan program replikasi diri.Sebuah worm berbeda dari virus itu menyebar melalui jaringan komputer tanpa campur tangan pengguna.Banyak orang bingung bingung membedakan istilah "virus" dan "worm".

Siapa saja tokoh Hacker di Dunia?
Di dunia ini banyak sekali tokoh hacker yang telah berjasa dalam dunia Teknologi dan Informatika. Mereka adalah :
1. Kevin Mitnick
Dia adalah seorang konsultan keamanan komputer dan penulis, sebelumnya dia sempat menjadi pelaku kriminal yang paling dicari dalam dunia sejarah Amerika Serikat.
2. Eric Gorden Corley
Eric Corley biasa dikenal sebagai Emmanuel Goldstein. Ia merupakan pendiri komunitas hacker. Keaktifannya di komunitas Hacker Dia telah digelutinya sejak akhir tahun 70-an.
3. Gordon Lyon
Dia dikenal dengan sebutan Fyodor, dia pernah menulis tentang Security Scanner dan juga banyak buku-buku keamanan jaringan dan situs web. Dia adalah anggota pendiri Honeynet Project dan Vice President dari Computer Professionals for Social Responsibility.
4. Solar Designer
Solar Designer adalah nama pendiri Proyek Openwall. Dialah yang telah mendirikan proyek Openwall di dunia ini.
5. Michal Zalewski
MichaƂ Zalewski dikenal sebagai peneliti keamanan terkemuka dalam dunia teknologi dan sistem informasi di dunia ini.
6. Gary McKinnon
Gary McKinnon merupakan Hacker asal Inggris yang menghadapi ekstradisi ke Amerika Serikat untuk menghadapi tuduhan perpetrating apa yang telah digambarkan sebagai "hack komputer militer terbesar sepanjang masa."

 hacker or cracker

Dari beberapa tokoh hacker di atas dan lainnya di dunia ini, banyak di antara mereka yang ditangkap dan dipenjara yang disebabkan karena tuduhan membuat cyber-criminal pada dunia teknologi dan sistem teknologi. Dan banyak pula para hacker dipekerjakan di perusahaan-perusahaan sehingga mereka menjadi white hat hacker.
White Hat Hacker atau hacker putih seharusnya dirangkul. Karena Hacker putih jasanya bisa dipakai oleh perusahaan untuk menjaga server. Mereka bahkan bisa menjadi konsultan perusahaan-perusahaan untuk meningkatkan keamanan, membuat software, atau membuat sistem. White hat hacker itu memiliki etika tidak merusak dan tidak mencuri data sensitif.

Sekarang ini, istilah “hack” atau “hacker” digunakan dalam 2 cara, sebagai arti yang negatif dan positif.
Namun saat ini, istilah hacker sendiri berubah. Masyarakat umumnya memandang negatif seorang hacker. Padahal perkembangan komputer yang ada saat ini tidak lepas dari kontribusi para hacker. Hacker yang saya maksud di sini adalah hacker dalam arti positif, atau dengan kata lain programmer.
Sedangkan hacker yang merusak sendiri, dalam dunia komputer, umumnya disebut sebagai cracker atau black hat hacker.
Karena itu, tidaklah benar jika kita mengatakan bahwa hacker adalah selalu negatif. Pada awal mulanya pun hacker adalah pujian bagi seorang programmer yang berhasil menemukan solusi dari sebuah masalah yang sulit. (diolah dari berbagai sumber yang terpercaya)

0 comments:

Post a Comment