Wednesday, January 20, 2010

Tips Sukses Menghadapi Ujian buat Black Community

Black In News kali ini adalah Tips Sukses Ujian untuk Black Community, tips ini merupakan tips tandingan dari Tips Mencontek yang saya buat sebelum postingan ini. Semoga postingan saya kali ini bermanfaat dan menjadi sebuah inspirasi bagi kita dalam menghadapi segala ujian. Tetapi sebelum saya membuat tips ini tidak ada salahnya kalau saya meminum segelas kopi hitam sama membakar rokok Djarum Black dahulu, soalnya biar pikiran saya jadi kreatif dan ide-ide saya makin cemerlang. Nah karena satu batang rokok Djarum Black telah saya isap, sekarang waktunya untuk melanjutkan pembahasan Tips Sukses Ujian. Mari kita mulai langkah demi langkah, agar nilai ujian kita bagus.


1. Niatkan karena Allah SWT
Black Community agar setiap pekerjaan kita dalam menghadapi ujian dilancarkan, dimudahkan dan diberikan hasil yang memuaskan. Alangkah bagusnya setiap pekerjaan kita selalu dimulai dengan meniatkan karena Allah SWT. Karena berkat petunjuk dan pertolongan sang pemberi rahmatlah kita semua diberikan kelancaran dalam beraktivitas. Jadi usahakan setiap pekerjaan dan tingkah laku kita selalu dimulai dengan niat karena Allah SWT.

2. Berdoa sebelum memulai belajar
Kalau niat sudah, sekarang waktunya kita berdoa dahulu dalam beraktivitas. Usahakan dalam sebelum memulai belajar kita selalu berdoa, sehingga materi apa saja yang kita pelajari bakalan nempel di otak kita dan setiap pekerjaan kita selalu diberikan rahmat sama Allah SWT. Betul gak Black Community?

3. Pusatkan perhatian kita pada apa yang sedang dibaca, jangan biarkan pikiran melayang tak karuan
Usahakan setiap kita membaca sesuatu fokus perhatian kita hanya tertuju pada buku atau materi yang sedang kita baca. Jangan biarkan pikiran kita melayang memikirkan sesuatu diluar hal yang sedang kita baca. Dengan kita fokus terhadap bacaan yang sedang kita baca, ada kemungkinan hasil dari bacaan yang kita baca bakalan masuk ke memory otak kita.

4. Kurangilah gangguan di sekitar kita yang dapat mengurangi konsentrasi Black Community
Usahakan kurangi gangguan-gangguan benda yang ada di sekitar kita ketika sedang membaca dan belajar. Hal ini dapat mempengaruhi konsentrasi kita dalam belajar atau membaca.

5. Carilah seseorang kawan yang cukup mampu mengetes kemampuan kita
Usahakan setiap kita belajar, carilah teman yang cukup mampu mengetes kemampuan kita dalam menyimpan memory. Hal ini bagus dilakukan untuk melatih daya penyimpanan memory otak kita sehingga kita selalu ingat dan tidak menjadi pelupa. Setuju gak para HitamHolic Community?

6. Jangan mempelajari suatu bahan terlalu banyak dalam satu waktu
Kebiasaan dari kita adalah setiap belajar selalu mempelajari bahan materi yang terlalu banyak dalam satu waktu. Biasanya sistem belajar ini kita sebut dengan sistem belajar kebut semalam (SKS). Sebenarnya hal ini tidak pantas dilakukan oleh otak kita, karena daya simpan memory otak kita tidak layak di paksaan untuk menerima input-an lebih dalam satu waktu karena dapat menyebabkan overload pada daya simpan memory otak kita.

7. Jangan meneruskan pelajaran saat pikiran sobat menjadi terlalu lelah
Usahakan jika pikiran kita lelah, jangan dipaksakan untuk belajar. Istirahatlah dahulu untuk me-refresh otak kita, sehingga daya terima otak kita dapat berjalan baik. Kalau kita memaksakan belajar dalam pikiran lelah, hal ini dapat menyebabkan pelajaran yang kita pelajari tidak akan diterima oleh otak kita karena pikiran kita tidak fokus.

8. Ulangi materi yang sobat telah pelajari
Biasakan dalam belajar dan membaca untuk mengulang kembali apa yang kita kerjakan. Hal ini dapat meningkatkan daya kerja simpan otak kita menjadi optimal karena melatih untuk mereview kembali daya ingatan kita.

9. Jangan berpendapat bahwa belajar itu hanya saat ujian saja
Kebiasaan ini banyak dilakukan oleh banyak orang, semoga para Black Community tidak melakukan hal ini. Mereka berpendapat bahwa belajar saat diwaktu terdesak akan menghasilkan output yang baik. Kalau menurut saya hal ini salah besar karena jika mereka hanya belajar saat diwaktu terpaksa daya ingatan yang mereka pelajari hanya sekedar sampai ujian saja. Biasanya setelah mereka ujian daya ingat yang mereka pelajari akan hilang begitu saja, karena tidak diasah dengan baik.

Wah ternyata tidak terasa 9 langkah telah saya berikan ke Black Community. Semoga saja langkah di atas di praktekan oleh Black Community, HitamHolic Community, dan para pembaca artikel ini. Sehingga Black In News ini dapat menginspirasikan kita semua dalam keseharian. Kalau para pembaca artikel ini memiliki tambahan dari Tips sukses ujian yang lain. Silakan berikan komentar di bawah ini ya, nanti akan saya tambahkan di postingan ini. 

7 comments:

ems said...

ada langkah ke-10 gak?
hehe, ujian bukan untuk dihadapi, tapi dikerjakan.. karena itu, langkah ke-10 adalah.. kerjakan soal di depanmu..haha, pisss

HitamHolic Site said...

hahaha...bisa aja mas ems ini...

Hery Prasetyo said...

yup. mantab tipsnya....keep semangat aja sob..

20 Jurus Dewa Mabuk Sukses Dalam ajang Djarum Black said...

mantab neh apalagi ditambah dengan 20 jurus sukses Djarum black pasti tambah jitu

annosmile said...

selamat menjalanakan ujian akhir semester bro

Anonymous said...

Membaca referensi lain yang berkaitan dengan materi yang akan ujian

hakan said...

kuşadası
sakarya
sinop
bolu
burdur

D755C

Post a Comment

Djarum Black Blog Competition Vol.2