Thursday, February 18, 2010

Black Orchid, Tanaman Hias dari Pulau Borneo

Black In News kali ini adalah spesies anggrek yang berasal dari Pulau Borneo dan merupakan tanaman hias yang banyak dicari oleh para kolektor anggrek di Indonesia dan mancanegara.
Coelogyne pandurata itulah nama ilmiah dari spesies anggrek yang hanya tumbuh di pulau Borneo. Spesies anggrek ini biasa disebut dengan anggrek hitam, yang merupakan maskot flora propinsi Kalimantan Timur. Hal yang sangat disayangkan adalah habitat asli anggrek hitam saat ini mengalami penurunan jumlah yang cukup besar karena luas hutan di kalimatan semakin menyusut, namun habitat anggrek hitam ini masih bisa kita ketemukan di cagar alam Kersik Luway walau jumlahnya sangat sedikit. Tanaman hias ini lebih banyak di ketemukan dan berada di tangan para kolektor anggrek.
Menurut beberapa sumber dan kolektor Selain di pulau Borneo Black Orchid juga tersebar di Malaysia, Sumatra, Kalimantan dan di Philipina di Mindanao, Luzon dan pulau Samar. Tanaman hias ini umumnya tumbuh pada pohon tua, didekat pantai atau di daerah rawa dataran rendah yang cukup panas.
Alasan dinamai Anggrek Hitam
Black Orchid itulah sebutan internasional dari anggrek hitam, menurut Wikipedia.org alasan tanaman hias ini dinamai anggrek hitam (black orchid) adalah karena anggrek ini memiliki lidah (labellum) berwarna hitam dengan sedikit garis-garis berwarna hijau dan berbulu. Sepal dan petal berwarna hijau muda. Bunga ini cukup harum semerbak dan biasanya bunga ini mekar pada bulan Maret hingga Juni.
Bunga ini termasuk dalam anggrek golongan simpodial dengan bentuk bulb membengkak pada bagian bawah dan daun terjulur di atasnya. Setiap bulb hanya memiliki dua lembar daun saja. Daunnya sendiri sekilas mirip seperti daun pada tunas kelapa.
Warna hitam pada lidah bunga Anggrek Hitam merupakan pembawa sifat hitam yang langka, warna hitam ini menjadi sumber pembawa sifat warna hitam yang di butuhkan oleh para ahli pemuliaan tanaman untuk menghasilkan silangan baru dengan corak warna bunga yang menarik.
Keindahan Black Orchid
Penampilan Coelogyne pandurata atau Anggrek Hitam sangat menarik ini terlihat dari umbinya yang berwarna hijau terang dan memiliki permukaan umbi yang terang mengkilap sehingga sangat menarik untuk di pandang mata, hampir di setiap umbinya ditumbuhi dua helai daun yang kaku dan berbentuk seperti pembungkus mayang kelapa, perpaduan bentuk umbi dan dua helai daun di ujungnya mirip seperti sosok seekor ikan. Tangkai bunga yang menjuntai kebawah dengan susunan bunga yang teratur membuat penampilan anggrek ini terlihat istimewa di pandang oleh mata.
Anggrek Hitam merupakan kekayaan hutan Borneo yang terpendam dan tidak terjaga maksimal, seiring dengan berbagai aktivitas manusia yang menyebabkan berkurangnya areal hutan, maka semakin berkuranglah habitat dan jumlah Anggrek Hitam yang tumbuh di alam Borneo ini, sementara potensinya sebagai bunga Anggrek Hitam yang membawa sifat warna warna hitam belum dapat kita manfaatkan dengan baik untuk kemajuan pengetahuan maupun membantu pertumbuhan ekonomi Bangsa Indonesia, semua potensinya akan sangat bermanfaat jika di kaji dan di gali dengan di tunjang oleh lembaga penelitian dan para pengusaha tanaman hias, sebab jika dapat dilahirkan satu jenis saja bunga Anggrek baru hasil silangan dari Anggrek Hitam ini dan ternyata bernilai komersial, maka potensi ekonomi yang di hasilkan akan sangat besar dan berguna bagi Bangsa ini.
Black Orchid bagaikan Mutiara Hitam yang terpendam dalam kerimbunan hutan borneo yang semakin menyusut luasnya. Kita, Black Community, dan mungkin saya merasa kehilangan potensi ini setelah suatu saat mutiara hitam ini musnah bersama hilangnya hutan Borneo. Mari kita jaga dan melestarikan kekayaan Flora Indonesia.
*artikel di atas diolah dari beberapa sumber terpercaya

4 comments:

Ihsan Satyanugraha said...

Black orchid alias anggrek hitam tuh yang ada di film Anaconda 2 ya bang ?
apa betul punya khasiat menyembuhkan berbagai peanyakit dan memperpanjang usia ?

Subhan Apriyatna said...

makasih mas ud berkunjung dan memberikan komentar di blog saya...
kalau khasiat dari anggrek hitam saya kurang begitu mengetahui, tapi kalau harganya cukup mahal di pasaran...

Anonymous said...

saya punya koleksi anggrek hitam dari alimantan, ada yang mau beli, gak maal kok ..., e-mail aja : msr@popstar.com

Anonymous said...

anggrek hitam dari Pontianak, silakan contact : msr@popstar.com atau sms ke ; +628125753330

Post a Comment

Djarum Black Blog Competition Vol.2