Saturday, February 20, 2010

Konsistensi Bakti Djarum dalam Membangun Negeri

Bakti Djarum merupakan Program CSR yang dibangun oleh Perusahaan Produk Rokok Djarum Black. Program CSR merupakan salah satu program komitmen suatu perusahaan untuk menyumbang kepada pembangunan ekonomi berkelanjutan. Program ini merupakan bentuk nyata kepedulian kalangan dunia usaha terhadap lingkungan di sekitanya. CSR merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari strategi jangka panjang perusahaan, program ini pula dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing perusahaan.
Hal di atas tidak disia-siakan oleh perusahaan pemegang hak paten Djarum Black, yakni PT Djarum dalam memberikan komitmen mereka dalam menyumbangkan sedikit dari margin keuntungan penjualan produknya untuk disisihkan dalam kegiatan membangun negeri. Hal ini bisa kita lihat dari beberapa program Bakti Djarum yang dikelola oleh perusahaan dengan baik, antara lain :
Bakti Olahraga
Program CSR ini Berawal dari semangat Djarum yang sangat menjunjung tinggi sportifitas, semangat bersaing positif dan meraih kemenangan. Maka pada tahun 1969 di kota Kudus, Jawa Tengah lahirlah Persatuan Bulutangkis Djarum, yang disingkat PB Djarum.
PB Djarum sendiri telah berhasil melahirkan atlet-atlet bulutangkis kelas dunia. Atlet-atlet ini tidak muncul semena-mena, melainkan merupakan produk dari sebuah proses pelatihan yang panjang dan butuh banyak pengabdian waktu dan tenaga
PB Djarum sebagai pecinta bulutangkis telah membangun program Beasiswa Bulutangkis guna menemukan dan membimbing bibit-bibit atlet bulutangkis yang berpotensi, hingga dapat mempertahankan prestasi gemilang bulutangkis Tanah Air.
PB Djarum sejak dini telah menanamkan visi kepada seluruh atlitnya, agar mereka tidak mencetak keberhasilan di arena pertandingan saja, tapi juga mencetak keberhasilan di bangku sekolah.
Hal ini yang dilakukan dalam PB Djarum, sebagai pengelola Djarum Bakti Olahraga mereka membagi kegiatan antara latihan bulutangkis dengan sekolah, sehingga PB Djarum memiliki atlit bulutangkis yang memiliki segudang prestasi baik akademik maupun kejuaraan bulutangkis.

Bakti Pendidikan
Program bakti Djarum terhadap pendidikan ini telah digagas oleh PT Djarum sejak tahun 1984, program CSR ini telah memberikan ribuan beasiswa dan program pengembangan karakter kepada mahasiswa-mahasiswi strata satu yang berprestasi tinggi dari berbagai Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta di seluruh Indonesia. Djarum percaya, bahwa pendidikan yang baik adalah bekal dalam mewujudkan bangsa yang kokoh, sejahtera dan bermartabat.
Oleh sebab itu, sejak tahun 1984 melalui program Djarum Bakti Pendidikan, Para calon penerima beasiswa Djarum tersebut diseleksi secara ketat dan harus memenuhi persyaratan IQ dan EQ sehingga mereka memiliki kecerdasan emosional dalam proses meraih prestasi.
Selain mendapat bantuan biaya pendidikan, para penerima beasiswa Djarum (Beswan Djarum) juga menerima manfaat lain berupa program pengembangan karakter yang merupakan kelebihan dari Program beasiswa Djarum, yaitu dengan mengikuti seminar/lokakarya, pelatihan-pelatihan, leadership, motivasi, outbound, practical skills, maupun kewirausahaan (entrepreneur skill) dan lain-lain agar para Beswan Djarum bisa mandiri dan menjadi pemimpin arif.
Pada tahun 2003 Ikatan Penerima Beasiswa Djarum (IPBSD) menjadi Ikatan BESWAN DJARUM, singkatan dari Ikatan BEASISWAWAN DJARUM. Sejak itu pula para penerima beasiswa Djarum disebut dengan Beswan Djarum.

Bakti Lingkungan
Inilah yang dilakukan oleh PT Djarum sebagai perusahaan yang banyak memanfaatkan olahan hasil alam, Sejak tahun 1979 Djarum melahirkan Djarum Bakti Lingkungan. Salah satu kegiatan awalnya adalah merintis menghijaukan Lingkungan Kota Kudus. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan upaya dalam pelestarian lingkungan hidup. Selain menghijaukan Kudus, Djarum juga membagikan kepada penduduk, bibit pohon ekonomi mangga harum manis secara cuma-cuma. Hasilnya, selain kota semakin rimbun, panen mangga tersebut memberi pemasukan ekstra bagi penduduk kota Kudus. Hal tersebut tak hanya meningkatkan perekonomian mereka, namun sekaligus memperbaiki kualitas hidup. Karena selain mereka dapat menikmati Kudus yang hijau dan berudara sejuk, mereka juga memperoleh penghasilan tambahan yang cukup besar.
Guna menjamin kesinambungan kegiatan penghijauan ini, bentuk dukungan Djarum adalah mendirikan pusat pembibitan aneka tanaman penghijauan milik perusahaan dan juga tanaman langka yang dikelola secara intensif. Sehingga upaya pembibitan tanaman langka ini dapat turut menjadi bagian dari usaha dalam mempertahankan dan melestarikan tanaman-tanaman langka agar terjaga dari kepunahan.
Berbagai kegiatan sehubungan dengan penghijauan juga telah dilaksanakan Djarum Bakti Lingkungan bersama masyarakat serta para aktivis LSM-LSM lingkungan. Salah satunya adalah aksi penghijauan lereng Gunung Muria dengan tanaman peneduh maupun pohon bernilai ekonomi. Hal ini diharapkan bisa mempertahankan kawasan penting resapan air kota Kudus, secara makro, juga dapat membantu mengurangi efek pemanasan global. Demikian semua upaya tersebut adalah bentuk konsistensi Djarum yang sangat peduli pada lingkungan, terutama penghijauan.

Djarum menyadari dan yakin bahwa program Corporate Social Responsibilty (CSR) ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bangsa dalam mewujudkan masa depan yang lebih baik. Selain itu sebagai bukti untuk menunjukan kepedulian sosial terhadap masyarakat dan lingkungan agar lebih baik. Apa yang Djarum lakukan ini memang tidak berdampak langsung kepada penjualan, namun perusahaan produksi rokok Djarum Black ini ingin masyarakat melihat bahwa perusahaan adalah perusahaan yang profesional, punya kapasitas yang cukup, modern, kreatif serta inovatif.
Upaya Djarum lakukan ini untuk menciptakan generasi penerus yang dapat mengharumkan tanah air Indonesia dan memberikan ruang hijau dan kontribusi terhadap lingkungan alam.
Inilah bukti konsistensi PT Djarum puluhan tahun dalam membangun negeri ini. Mungkin program-program CSR yang dimiliki Djarum ini dapat dijadikan contoh sebagai program andalan dunia usaha dalam berkontribusi dan peduli kepada masyarakat dan lingkungan.

3 comments:

asahugoz3n said...

Saya sedang mencoba membantu lingkungan tempat tinggal dalam pemberdayaan generasi muda, telah terbentuk sebuah sanggar PEDEPOKAN SAUNG BASEK thn2010, salah satu anggota inti kami telah menciptakan sebuah alat musik gesek dari bambu ( BASEK, BAMBU GESEK ) orisinil.
Apakah CSR dalam hal ini bis dijadikan tumpuan kami dalam hal dana produksi BASEK serta biaya pengembangannya kemasyarakat, selain BASEK program lainnya teater & musik.
Kami berdomisili di depok 1…
mungkin ada yg bisa memberikan masukan kemana & bagaimana…bisa email ke HUGOZ3N@YAHOO.COM apabila ada alamat perusahaan yg bisa kami tuju thanx

Anonymous said...

Kami dari FAI UMY punya program pembrdayaan masyarakatbdi daerah Panggang Gunungkidul, apakah CSR perusahaan dapat membantu nkami?

Seo Ninja said...

Artikelnya bagus sekali, saya tunggu update selanjutnya gan......
vimax | pembesar penis | vimax original | vimax asli | vimax canada | vimax herbal | vimax alami | obat pembesar penis | obat vimax | agen vimax | alat pembesar penis | vimax pembesar penis | vimax | vimax asli | obat kuat viagra | pembesar penis | pembesar penis | pembesar penis | pembesar penis

Post a Comment