Wednesday, February 17, 2010

Black Tea For Healthy

Kemarin malam (15 februari 2010) tetangga saya datang ke rumah saya menawarkan sebuah produk Teh Hitam. Awalnya saya juga bingung. “emangnya ada ya, teh berwarna hitam”imbuh saya. Karena saya sangat penasaran dengan produk yang ditawarkan oleh Om Bayu (biasa saya memanggil dia). Maka saya mencoba menanyakan secara lebih detail dan tajam ke dia, sehingga diskusi saya dengan om bayu tentang teh hitam dapat saya share (bagikan) kepada masyarakat ataupun Black Community.
Saya yakin Black In News kali ini tentang Black Tea (teh hitam) Mungkin banyak di antara kita yang sudah mengetahui khasiat dari teh hitam (Black Tea) itu sendiri. Walaupun banyak yang sudah mengetahui, saya akan menjelaskan secara detail bagi anda yang belum mengetahui manfaat dan khasiat dari black tea ini.

Tahukah kamu apa itu Black Tea?” tanya om bayu ke saya.

Di dunia ini kita mengenal beberapa jenis teh, antara lain teh hijau dan teh hitam. Menurut Prof. Dr. Ali Khomsan, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat dan Sumber Daya Keluarga IPB menjabarkan bahwa Teh hijau adalah teh berasal dari pucuk daun teh yang sebelumnya mengalami pemanasan dengan uap air untuk menonaktifkan enzim-enzim yang terdapat dalam daun teh, kemudian digulung dan dikeringkan.
Sedangkan teh hitam dibuat dari pucuk daun teh segar yang dibiarkan menjadi layu sebelum digulung, kemudian dipanaskan dan dikeringkan. Teh hitam disebut juga teh fermentasi.
Pernyataan di atas merupakan pernyataan yang di ungkapkan om bayu kepada saya, saat menjelaskan pengetahuan tentang teh hitam.

oooowhhh begitu yaa” jawab saya.

emangnya manfaat dan khasiat dari teh hitam itu apa?” tanya saya kepada om bayu.
Menurut dari berbagai riset bahwa teh sendiri sangat efektif dalam mencegah dan mengobati banyak penyakit. Teh dapat membantu menurunkan kolesterol, melindungi tubuh dari penyakit jantung dan stroke, demam, flu, kram menstruasi, nyeri kepala, gangguan lambung, menetralkan bahan-bahan penyebab kanker, dan masih banyak lagi.

Namun dalam teh hitam sendiri memiliki beberapa manfaat dan khasiat untuk pengobatan:
1. Melindungi Anda dari penyakit jantung.
2. Mengurangi resiko penyakit kanker, terutama kanker lambung, esofagus, paru-paru, dan kanker kulit.
3. Melindungi tubuh anda dari bakteri dan virus yang berbahaya dan menghancurkan bakteri/virus tersebut.
4. Menurunkan tekanan darah.
5. Menurunkan aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah).
6. Melawan infeksi.
7. Mengurangi migrain.
8. Mengurangi kemungkinan terjadinya karies gigi dan penyakit gusi.
9. Membantu penurunan berat badan.
10. Menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat).
11. Meningkatkan HDL (kolesterol baik).
Selain itu dengan mengkonsumsi teh hitam kita dapat memperbaiki sel-sel tubuh sehingga metabolisme meningkat. Akibatnya, antibodi dalam tubuh naik, penyakit pun dapat dengan mudah diatasi. 'tetapi kita pun jangan sembarangan minum teh hitam, sebaiknya minumlah teh hitam yang sudah difermentasi. Proses fermentasi mampu mengaktifkan 450 senyawa alamiah yang ada dalam teh.

Percayakah om bayu bahwa minum Teh setiap hari dapat mengurangi resiko penyakit hati?” Tambah saya.

Ternyata beberapa ahli kesehatan telah membuktikan bahwa pasien yang memiliki penyakit hati dengan meminum teh sebanyak 4-8 cangkir teh / hari selama bulan. Dan meminum air putih untuk satu bulan berikutnya. Beberapa peneliti menemukan pada aliran darah dan tekanan darah para pasien tersebut menjadi normal disaat mereka minum teh selama satu bulan. Namun, ketika mereka minum air putih selama satu bulan, tidak ada perubahan yang berarti terhadap tekanan dan aliran darah mereka.

Tapi kira-kira bagaimana cara kerja Teh Hitam bagi kesehatan?” lanjut saya
Terdapat banyak penelitian yang menunjukkan bahwa teh hitam dapat menghambat kanker. Tetapi apa di dalam teh itu yang membuatnya menjadi minuman kesehatan yang kuat? Jawabannya terletak pada senyawa kimia yang terkandung di dalam daun teh: Polifenol, Flavonoid, dan Catechins.
• Menurut Joseph McLaughlin, seorang peneliti di National Cancer Institute, teh hitam sangat efektif dalam melindungi tubuh dari kanker esofagus, yaitu saluran yang berjalan dari mulut ke lambung. Para peneliti yang meneliti kelompok orang yang merokok dan minum alkohol juga menyatakan bahwa mereka yang minum teh hitam 5 cangkir setiap hari mengalami penurunan resiko kanker sebesar 20% pada pria dan 50% pada wanita. Dan untuk mereka yang tidak merokok atau minum alkohol, risiko kanker esofagus bagi peminum teh hitam turun sebesar 57% pada pria dan 60% pada wanita. Menurut McLaughin di dalam The Jurnal of the National Cancer Institute. “Semakin banyak teh hitam yang Anda minum, semakin rendah risiko Anda.”
• Penelitian belum lama ini yang dilakukan di Jepang terhadap lebih dari 9.500 wanita menegaskan bahwa mereka yang minum kurang dari lima cangkir teh hitam setiap hari memiliki tingkat stroke dua kali dibandingkan mereka yang minum lebih dari lima cangkir teh hitam setiap harinya. Hasil itu lebih jelas terlihat pada wanita yang konsumsi garamnya cukup tinggi, suatu faktor yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi dan stroke. Penelitian yang diadakan di Jepang kepada 1.000 orang menemukan hasil yang mencengangkan, yaitu semakin banyak teh yang mereka minum, semakin rendah kadar kolesterolnya. Menurut Dr. Yoshikazu Sata, seorang ahli neurologi di Tohoku University School of Medicine di Jepang antioksidan itulah yang membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan mencegah stroke.
• Penelitian lain di Jepang menunjukkan walaupun rata-rata pria Jepang merokok lebih banyak dibandingkan rata-rata pria Amerika, mereka memiliki tingkat kanker paru-paru yang lebih rendah. Menurut para ahli, kesenangan mereka minum teh hitam adalah alasan mengapa hal itu terjadi.
• Penelitian selama dua tahun di Cina menunjukkan bahwa orang yang minum teh hitam akan memiliki resiko kanker lambung 30% lebih rendah bila dibandingkan dengan orang yang tidak meminum teh hitam.
• Para peneliti di American Medical Association menemukan bahwa flavonoid mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang banyak ditemukan dalam tumbuhan, termasuk teh hitam yang dapat mengurangi resiko stroke. Menurut Dr. Ralph Sacco dari Nothern Manhattan Stroke Study di Columbia Presbyeterian Medical Center, New York, teh hitam mampu mencegah penyumbatan arteri.
• Penelitian di Belanda selama lima tahun terhadap lebih dari 8000 pria, yang berusia antara 65 sampai 84 tahun, menemukan bahwa mereka yang minum dua cangkir teh setiap hari mengalami penurunan risiko serangan jantung dan kerusakan arteri koroner sebesar 68%. Para peneliti menemukan bahwa kandungan flavonoid dan catechins (dua komponen utama dari teh hitam) dapat menurunkan tekanan darah, menormalkan mekanisme pembekuan darah, membantu pembakaran lemak dan mengatur kadar gula darah serta insulin di dalam tubuh.
• Para ilmuwan di Skin Disease Research Center di Cleveland, OH, melaporkan bahwa teh hitam dapat melawan kanker pada kulit dan menyebabkan perlambatan pertumbuhan tumor sebesar 40% sekaligus menciutkan ukuran tumor yang telah ada. Teh hitam yang dioleskan langsung kepada kulit dapat mencegah kanker kulit yang disebabkan oleh pemanasan sinar matahari dan menghindari keriput pada kulit.
• Dr. Earl Mindell di dalam bukunya, What You Should Know about the Super Antioxidan Miracle menemukan bahwa teh hitam memiliki sifat antibakteria yang kuat. Teh hitam dengan kuat melawan hampir semua jenis bakteri, termasuk kolera, salmonela, dan tifiod. Tidak seperti antibiotika, teh hitam memiliki sifat selektif dalam memilih bakteri yang dibunuhnya, dengan meninggalkan bakteri yang baik dan membunuh bakteri yang menyebabkan kerusakan.

Pernyataan di atas merupakan pernyataan yang dikemukakan oleh bayu setiadji (nama lengkapnya, red) yang di dapat dari berbagai sumber dan artikel yang didapat dari internet.

Dari perbincangan saya yang cukup lama dengan tetangga saya ini, maka saya pun berinisiatif dan tergugah untuk membeli produk kesehatan yang ditawarkan olehnya ini. Karena menurut saya banyak sekali manfaat dan khasiat dari tanaman teh hitam ini.
Semoga saja dari hasil diskusi saya tentang teh hitam di atas, dapat memberikan dan menambah pengetahuan Black In News dan inspiratif kita tentang manfaat teh bagi kesehatan kita semua.

0 comments:

Post a Comment