Tuesday, February 16, 2010

Pentingnya Safety Riding dan Safety Gear bagi Black Motor Community

Kali ini saya akan memberikan Kiat Safety Riding dan Safety Gear bagi Black Motor Community (BMC), saya rasa dan yakin para anggota dari Black Motor Community (BMC) sudah sangat mengerti dan paham tentang kiat yang akan saya berikan ini, soalnya sewaktu saya mengkampanyekan kegiatan Safety Riding ini, saya bersama komunitas saya (Thunder Community Indonesia), Perkumpulan Ojek Tertib Lalu Lintas beserta pengendara dan beberapa komunitas sepeda motor Se-Jabotabek (termasuk Black Motor Community dan Black Community lainnnya) telah mengkampanyekan kegiatan yang mendukung Kepolisian Lalu Lintas (POLANTAS) ini dengan baik. Hal ini terbukti dengan Thunder Community Indonesia dan Black Motor Community yang selalu menerapkan Safety Riding dan Safety Gear pada setiap mereka (anggota) maupun komunitasnya dalam berkendaraan sepeda motor di jalan. Bagi kedua komunitas ini safety riding dan safety gear merupakan hal yang sangat penting dalam keselamatan berkendaraan bermotor. Menurut kedua komunitas ini keselamatan berkendaraan merupakan hal yang sangat penting dalam berkendaraan, dimana kita dituntut untuk mengendarakan kendaraan dengan aman, nyaman dan baik. Keselamatan bagi kedua komunitas ini merupakan hal yang tidak ternilai harganya, maka lebih baik mengorbankan uang yang cukup mahal daripada keselamatan kita dipertaruhkan.
Dalam hal ini saya akan memberikan kiat safety riding dari A sampai Z, sehingga kita semua merasa perlu akan kiat yang saya berikan ini.


Sebelum berkendara:
1. Periksalah mesin, baut-baut, kelistrikan, oli mesin, tekanan angin ban, dan bensin sepeda motor anda.
Kegiatan di atas penting dilakukan untuk memberikan rasa nyaman terhadap kendaraan kita, Sehingga motor kita terlihat fit sebelum kita beraktivitas disetiap harinya.
2. Periksa dan bawalah segala surat identitas kelengkapan berkendara dan identitas pribadi, seperti: STNK, SIM, dan KTP.
Hal ini penting karena untuk memberikan kepastian terhadap kepemilikian kendaraan bermotor dan identitas diri kita.
3. Bawalah tool kit yang berisi perkakas yang sering digunakan pada motor anda.
Hal ini penting untuk menjaga kenyamanan terhadap kendaraan bermotor kita jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan terhadap mesin ataupun aksesori motor kita. Sehingga kita dapat menanggani sementara sebelum motor kita ataupun pengendara motor lain yang akan di bawah ke bengkel kendaraan bermotor.
4. Bawalah rain coat, jika sewaktu-waktu terjadi hujan dalam perjalanan.
Membawa rain coat atau jas hujan, penting sekali dibawa oleh para pengendara sepeda motor jika terjadi hujan, sehingga walaupun hujan menghadang, kita dan sepeda motor kita, dapat beraktivitas dan berlalu lalang tanpa ketakutan menghadang hujan.
5. Untuk menjaga agar kita tetap safety riding, gunakan selalu safety gear (perlengkapan aman dan nyaman dalam berkendaraan). Perlengkapan sederhana dalam safety gear adalah :
• Sarung tangan
• Jaket
• Sepatu atau alas kaki yang tertutup
• Penutup hidung
• Helm yang tertutup rapat atau setengah rapat
Saya yakin jika kita semua, para pengendara sepeda motor menggunakan safety gear yang baik, maka kita sudah berusaha untuk melindungi diri kita dari kecelakaan.
6. Berdoalah sebelum berkendara, agar terhindar dari bahaya kecelakaan.
Berdoa merupakan faktor penting agar terhindar dari kejadian faktor human error dan machine error.

Selama berkendara:
1. Aturlah kecepatan berkendaraan anda, di usahakan stabil dalam kecepatan.
2. Taatilah rambu lalu lintas yang ada di jalan.
3. Gunakan lampu sein anda saat menyalip, tikungan, dan ketika akan belok.
4. Fokuskan perhatian anda dalam berkendara (tidak melamun,menghayal, tidur).
5. Apabila ngantuk / lelah, istirahat di tempat yang aman.
6. Waspada pada daerah rawan kemacetan dan rawan kecelakaan lalu lintas.
7. Aturlah jarak berkendara anda, usahakan beri jarak 1 (satu) meter pada pengendara di depan anda.
8. Gunakan klakson anda seperlunya.
9. Nyalakan lampu depan motor anda. (demi mendukung peraturan polantas)
10. Gunakan rem depan dan rem belakang seperlunya.
11. Hormati dan Hargailah pengendara lain di jalan (tidak ugal-ugalan dan tidak merasa jalan raya milik sendiri).
12. Tidak mengendarai sepeda motor lebih dari dua orang.
13. Beri kesempatan pada penyeberang jalan.
14. Bila menggunakan sepeda motor jangan menyertakan balita.
15. Berhentilah di belakang garis putih, jika lampu merah menyala

Saya yakin jika kita meniru dari point-point yang saya berikan, maka human error yang terjadi akan sedikit terjadi dan kita akan terhindar dari kecelakaan berkendaraan. Hal di atas pulalah yang sering dilakukan dan sedang dikampanyekan oleh Black Motor Community dan beberapa komunitas motor yang peduli akan pentingnya safety riding dan safety gear bagi berkendaraan yang baik, aman dan nyaman di jalan raya. Terakhir saya berharap dan mengajak kepada para pengendara sepeda motor dan komunitas sepeda motor untuk bersama-sama mengkampanyekan kegiatan yang mendukung kebijakan pemerintah dan keselamatan bagi kita semua.

Mau selamat, patuhilah peraturan lalu lintas dan berkendaralah dengan baik.

0 comments:

Post a Comment