Friday, January 08, 2010

Kesuksesan Djarum Black dalam Meningkatkan Budaya Menulis di Blog

Saya yakin anda setuju dengan argumentasi saya bahwa Djarum Black telah memberikan kontribusi positif terhadap meningkatkan budaya menulis pada blogger tanah air (Indonesia) . Why?
Bagi Blogger Indonesia pasti mengetahui bahwa Djarum Black telah mengadakan 2 kali event terbesarnya yakni Djarum Black Blog Competition. Hampir semua komunitas blog dan para blogger ikut dalam meramaikan event kreatif yang diadakan oleh Djarum Black, dikarenakan Hadiah yang diberikan pun cukuplah menarik bagi para blogger yaitu sebuah Laptop yang cukup mahal harganya. Ternyata event yang memberikan kemajuan bagi blogger Indonesia dan industri kreatif Indonesia ini di sambut positif oleh banyak kalangan. Kita dapat melihat dari pendaftar yang ingin menjadi kontestan kompetisi Blog Djarum Black ini, antusiasme kontestan pada event pertamanya saja Djarum Black telah menghimpun data lebih kurang 400 kontestan blogger yang bersaing dan pada event keduanya kali ini mungkin dapat melebihi dari event pertamanya.
Hampir semua kontestan memberikan citra yang baik terhadap Djarum Black. Walaupun citra yang di posting oleh blogger bukannya Citra Blogger Indonesia dan Komunitasnya, tetapi citra Djarum Black yang diangkat. Namun hal ini harus kita acungi jempol karena dengan Djarum Black mensyaratkan minimal 20 artikel yang diposting di Blog para kontestan, maka Djarum Black setidaknya telah mengkampanyekan budaya dan minat menulis blogger di Internet.
Kalau menurut saya, Kita sebagai Blogger Indonesia dan Komunitas Blogger di Indonesia seharusnya bisa mengambil dan meniru contoh konsep kontes ini untuk dijadikan sebagai Kompetisi bagi Blogger Indonesia dalam meningkatkan citra positif Blogger Indonesia di mata dunia. Karena dengan kontes-kontes seperti ini dapat menjaring para blogger-blogger Indonesia yang berbakat, kreatif, inspiratif, dan inovatif yang dapat memajukan budaya menulis di kalangan Blogger Indonesia.
Selain untuk mengkampanyekan budaya menulis, budaya meningkatkan Industri kreatif di masyarakat Indonesia juga dapat disalurkan dalam kontes seperti ini. Karena dengan mereka menulis di artikel yang memberikan dan menggugah pemikiran masyarakat menjadi kreatif, inspiratif, dan inovatif. Maka kita juga dapat mendukung program pemerintah dalam menggalakan Industri Kreatif di masyarakat Indonesia. Kita semua tahu bahwa menulis di blog sekarang ini telah menjadi lifestyle bagi masyarakat Indonesia dan salah satu dari jenis Industri Kreatif.
Nah, sekarang yang harus kita pikirkan adalah bagaimana caranya kita dapat membuat event seperti Djarum Black ini dan menggugah rasa nasionalisme masyarakat dan Blogger Indonesia untuk memajukan budaya menulis, industri kreatif dan lifestyle blogger di tengah masyarakat kita yang selalu apatis. Saya berpendapat bagaimana jika komunitas-komunitas Blogger Indonesia dan DEPKOMINFO membuat sebuah ajang kompetisi yang besar-besaran dan berhadiah yang menantang adrenalin para blogger dan masyarakat Indonesia untuk memajukan budaya menulis, industry kreatif, dan lifestyle blogger.
Saya berharap semoga saja artikel saya ini didengar oleh semua lapisan Blogger Indonesia. Maju terus Blogger Indonesia, jadikan menulis di Blog sebagai lifestyle baru masyarakat Indonesia.  

6 comments:

Asep Iman said...

perlu ditiru oleh blogger Indonesia

ems said...

wah..setuju..btul btul btull

:)

march said...

Membiasakan menulis apa yang ada di sekitar kita, siapa tau bermanfaat buat orang banyak

salam sukses
jangan lupa berkunjung ke http://bimbinganmu.blogspot.com/

Rommy Kushery P said...

gw juga setuju nih bro...
kita harus menulis biar indonesia cerdas...

Subhan Apriyatna said...

makasih kawan blogger...semoga mimpi blogger indonesia bisa terwujud...

Summer Lock said...

Semangat!

Blog yang bagus..

Keep spirit to posting..hehe

Post a Comment

Djarum Black Blog Competition Vol.2